Langsung ke konten utama

Sesuatu Yang Terlupakan

Dalam hidup, kita punya satu misi. Misi untuk berubah.


Berubah jadi dewasa. Berubah jadi sejahtera. Berubah jadi lebih baik.

Terlalu fokus pada perubahan yang sudah kita rencanakan, kita nggak sadar bahwa nggak selamanya perubahan itu menguntungkan. Ada kalanya planning yang sudah kita buat dengan matang, diobrak-abirik ditengah jalan. Ambisi yang kita jadikan acuan, dihempas begitu saja oleh alam. Nggak selamanya perubahan membawa kita ke daerah yang lebih tinggi, lebih indah. Bahkan banyak kasus, perubahan itu sendiri tidak merubah apa-apa.



Sahur pertama bulan Ramadhan, nggak saya lakukan dengan mama papa. FYI, saya di Bandung itu emang nggak sama mama papa. Aku disini sama bude (sebutan abang mama/papa di Jawa). Karena saya masih harus ngumpulin tugas, meliput ini itu yang semuanya dilakukan di Bandung, saya belum dapat balik ke Tangerang, daerah dimana orang tuaku tinggal. Masih banyak seruan bukber dari mana-mana juga.

Pagi itu, saya makan pakai ayam goreng. Sesuatu yang sebenernya saya bosen banget. Saking bosennya saya sama ayam goreng, saya lebih baik makan pake tempe. Atau oseng-oseng kacang panjang. Apa aja lah asal bukan ayam goreng. Aku pengen banget memusnahkan ayam goreng dari kehidupan ini tapi nanti kasihan si Upin. Kasihan adik aku. Mereka suka ayam goreng.

Pagi itu, saya ingat kalau saya sempat membayangkan makan gepuk. Gepuk yang manis dan gurih. Tapi Cuma ada ayam goreng. Kita juga sahur pakai nasi sisa semalam. Entah kenapa, nggak ada yang inget buat masak lagi. Karena nasi sisa semalam, makanya udah banyak yang keras.

Jadi kita semua makan pakai nasi keras dan ayam goreng. Aku sudah agak malas sahur waktu itu sebab nasinya keras. Tiba-tiba entah kenapa, saya teringat temen-temen yang sedang melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat di Banjaran. Gambar di otak saya berganti sekelebat demi sekelebat hingga pada dimana saya membayangkan sebuah keluarga kecil yang hidup di gubuk yang entah pagi itu sahur atau tidak sebab mungkin mereka tidak punya uang untuk membeli beras.

Gambaran di otak saya itu, membuatku berpikir.

Ribuan orang diluar sana siap untuk menggantikan posisi kita dikala ini. Jika kita mengeluh, ribuan orang diluar sana, siap untuk menatap sinis pada kita yang nasibnya jauh lebih baik dari mereka. Ribuan orang, siap masuk bila kita keluar.

Terlalu fokus dengan apa yang disebut ‘lebih baik’, saya sering lupa bahwa yang saya miliki dikala ini juga sudah ‘baik’. Bukan berarti kalau saya selalu berusaha untuk berubah, diri saya yang dikala ini merupakan sosok yang buruk, kan?

Tanpa sadar, imej ‘perubahan’ sedikit menciptakan saya jadi insan kurang akil yang serakah. Kalau kalian mau tahu, dikala ini, saya sedang tersenyum pada diri sendiri. Tersenyum sinis. Tersenyum mengejek.





Aku lupa kalau dikala ini saya sedang memegang gadget bagus. Aku lupa dikala ini saya sedang mengenakan pakaian yang layak. Aku lupa dikala ini negaraku sedang tidak berperang. Aku lupa saya punya beberapa lembar uang di dompetku. Aku lupa lipstick-ku ada puluhan. Aku lupa saya punya 2 mata dan segalanya berfungsi dengan baik.

Meskipun saya sangat ingin berubah. Aku ingin gadgetku semuanya dari apple. Aku ingin bajuku semuanya buatan desainer. Aku mau tinggal di Korea. Aku mau punya tabungan yang gendut. Aku mau punya lipstick yang harganya 700 ribu itu. Aku mau punya mata yang indah, hidung yang mancung, dan badan yang indah.

Dalam hidup, kita juga punya satu misi. Misi yang bahwasanya amat penting. Misi yang memerlukan 0% tenaga. Misi yang bahkan dapat kita lakukan dimana saja, kapan saja.



Bersyukur.

Lihat apa yang ada disekeliling kamu. Mulailah menghitung orang-orang yang menurutmu punya barang lebih manis dari kamu. Orang yang punya segalanya yang ingin kau miliki. Mungkin kau akan merasa sedikit iri.

Lalu lihatlah info hari ini. Berita selalu menayangkan musibah. Jarang banget hal yang menggembirakan itu diliput. Lihat negara mana yang sedang berperang. Lihat siapa saja yang rumahnya gres kebakaran. Lihat siapa saja yang meninggal sebab kecelakaan. Lihat siapa saja yang tertangkap mencuri sebab tidak punya uang.

Pandanglah semua yang sudah kau punya. Tubuh kau yang sempurna, Gadget yang sedang kau gunakan untuk membaca pos ini, atau ayam goreng yang menjadi makanan tidak lazim untukmu. Pandang semuanya termasuk orang-orang yang setia bersama kau meskipun kau nyebelin, kau egois, kau keras kepala.

"Maka nikmat Tuhan kau yang manakah yang kau dustakan?"

Sudahkah kau bersyukur pagi ini?

Warm Hugs,

Adhelia Fa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Event: Jadi Blogger, Yuk! #Roadblog

Akutuh kalo ikut event, reportnya usang bener kayak keong... Tapi serius. Buat report Road Blog ini, beneran usang banget. Ada alasannya pak buk. Saat gres setengah nulis, kertas saya yang isinya bahan selama Road Blog itu tiba tiba hilang ditelan bumi. Aku udah ubrak abrik ke semua penjuru khayangan, tapi nggak ada:( Akhirnya saya cyma bermodalkan ingatan saya aja yang mana buruk abis, Kaprikornus kalo ada salah-salah, mohon dimaapin ya.. Jadi kemarin saya ikut salah satu program kece yang diadakan Excite Indonesia yaitu Road Blog goes to 10 cities. Untuk kota Bandung lokasinya di Best Western Premier La Grande Hotel. Kalo nggak tau, itu hotel di depan BIP. Lebih sering dibilang Soes Merdeka padahal itu hotel haha. Kasian sekali dirimu, tel... Acaranya sendiri dimulai pagi-pagi jam 8. Aku hingga disana jam 8 kurang sedikit dan sanggup dingklik yang ada mejanya. Tadinya saya duduk di agak belakang, terus saya lihat ada kak Winda di barisan paling depan. Aku t

42+ Most Beautiful Natural Makeup PNG

42+ Most Beautiful Natural Makeup PNG . Beautiful makeup natural tutorial compilation ♥ 2020 ♥ # 489 here are some of the most beautiful eye you can try at home if you enjoyed this eye makeup. Skin care beauty woman with beautiful face natural makeup and. 50 Glowly Natural Makeup Looks To Recreate On Your Own from www.byrdie.com Choose from beautiful, beautiful belle, aerin rose de grasse and more. Skin care beauty woman with beautiful face natural makeup and. We present you a selection of photos illustrating how the makeup changes the natural appearance of popular beauties, in simple words, the pictures of celebrities without makeup. Keressen beautiful girls natural makeup témájú hd stockfotóink és több millió jogdíjmentes fotó, illusztráció és vektorkép között a shutterstock gyűjteményében. Keressen beautiful girls natural makeup témájú hd stockfotóink és több millió jogdíjmentes f

23+ Beautiful Makeup Names Background

23+ Beautiful Makeup Names Background . Get inspired by these suggestions. A good business name gives you a platform to. Nyx Pro Makeup Us On Twitter What S Your Sugartrip Name from pbs.twimg.com 2,390,417 likes · 546 talking about this. Below, 17 makeup brands owned by women of color to support today, tomorrow, and forever. Amazingly irresistible makeup today for you all for fashion design have collected. Check out our beautiful makeup selection for the very best in unique or custom, handmade pieces from our shops. Pay special attention to proper it is worth noting that a quality product should last a long time. Be inspired by the beauty of your child and choose a. 14 thoughts on 67 creative fashion, beauty and makeup blog name ideas for girls. Learn makeup and cosmetics vocabulary words with pictures and examples in english to enhance your vocabulary. Sour