Langsung ke konten utama

Tips Nulis Supaya (Semoga) Asyique Ala Adhel

"Ajarin nulis semoga asik mba Adhel"

Kaprikornus beberapa waktu lalu, temen sekelas aku, Aziz, bilang begitu (BTW saya di kelas emang dipanggil 'mba'... iya mba.. mba beli pecelnya satu mba...) Aku nggak merasa saya ialah orang yang asik dengan goresan pena yang asik makanya agak ngakak juga ada yang bilang begitu. Ya kau baca ajalah sendiri blog ini. Isinya curhaaat mulu.



Serius. Aku mah nggak tau cara nulis yang asik. Kalo cara nulis yang bagus, saya tau. Soalnya saya kan ngambil mata kuliah writing dan disitu diajarin semua. Aku rasa Aziz juga tau cara nulis yang manis karna beliau juga ngambil matkul itu.

Tapi karna Aziz yang bilang, saya tanggepin. Soalnya Aziz baik, sih. Kayak ibu peri. Suaranya juga bagus. Tapi gambarannya jelek. Elva juga sering minta ajarin nulis ke saya tapi ndak pernah saya gubris wkwkwk. Malah saya marahin “Belajar aja sendiri. Nulis doang aja masa nggak bisa.”  Akuma pilih kasih anaknya maaf ya.



Persiapan

1.       Iqra! Bacalah!

Aku bukan nyuruh kau baca Iqra yang isinya a ba ta sa ja ha kho... (tapi kau tetep harus baca Iqra/Al-Quran/alkitab loh ya)
‘Iqra ‘itu artinya ‘baca’. Kalo kau mau nulis dengan baik dan asyique, kau juga harus jadi pembaca yang baik dan kalo sanggup asyique.

credit


Baca apa aja. Kalo kau sukanya baca ensiklopedia, bacalah. Kalo kau sukanya baca short story-nya Edgar Allan Poe, bacalah. Kalo kau sukanya baca artikel gajelas kayak gini, bacalah. Intinya, perkaya otak kau dengan tulisan. Serap goresan pena sebanyak-banyaknya, kemudian barulah kau sanggup menulis.

“Aku males baca tapi saya pengen nulis bagus”

Gausah mimpi.


2.       Be open-minded

Kamu nggak sanggup setiap hari makan coklat cangkibar karna nanti kau sanggup kena diabetes. Kamu juga nggak sanggup tiap hari Cuma makan sayur karna kau nggak akan mencicipi enaknya sebelas bumbu diam-diam KFC.

Kalo kau mau nulis, usahain netral. Inisih opini saya aja. Apalagi mengenai isu-isu sensitif kayak LGBT. Tapi kalo kau udah punya filisofi hidup sendiri sih nggak papa. Asal kau punya argumen berpengaruh dan masuk akal.

Dunia ini luas banget. Kamu bukan yang paling benar. Serap semua hal yang bertebaran di sekitar kamu. Jadikan itu pandangan gres buat kamu. Bukan buat merubah kamu, hanya untuk menambah pandangan baru. Kamu harus tau semua orang menganggap dirinya benar. Kamu bukan yang paling benar.

Oke? Oke.

3.       Date your words

Kalo orang pacaran kan suka berduaan. Nah, kalo kau mau nulis juga, usahain kau luangin waktu dan hati kau ke goresan pena kamu.

Kalo aku, saya suka menyendiri. Terus biasanya saya nulis itu tengah malam dikala nggak ada bunyi klakson mobil, bunyi TV, dll. Aku juga nggak sanggup nulis dalam keadaan mood yang jelek. Rata-rata orang nulis gitu, kok.

credit


Coba cari waktu yang pas. Mood yang pas. Jodoh yang pas. Karna saya yakin lah kau nggak akan sanggup nulis pas lagi arisan keluarga. Saat bapak-bapak ngerokok, ibuibu ngerumpi, bawah umur petakilan. Siapa yang sanggup nulis dalam keadaan begitu?

Showtime

Nah, kalo tadi buat persiapannya, disini saya mau ngasih tips semoga goresan pena kau minimal lezat dibaca. Nggak ngebosenin.

1.       Jujur

When you don’t know how to start your word, just be honest. Tulisan yang jujur, otomatis akan jadi goresan pena yang asik. Ndak usahlah pencitraan. Pura-pura. Ndak jaman. Emang kau mau punya jodoh yang akal-akalan ganteng? Pura-pura sayang sama kamu?

Tulisan kau akan jadi ajang eksploitasi pikiran dan perasaan. Apa yang nggak sanggup kau ungkapkan lewat ucapan, sanggup dengan tepat kau ungkapkan lewat tulisan. Makanya percuma kalo goresan pena kau itu cuma pencitraan.

Kebanyakan orang yang tulisannya asik itu yang gaya nulisnya jujur. Sebut aja mbak Arum, mbak Nahla, mbakDyta, mbak Sherly, de el el. Aku menilai kalo goresan pena mereka semua jujur, apa-adanya dan asik. Meskipun saya nggak tau juga, sih. Tapi kesan yang saya dapet ya kayak begitu.

Jadi, jujur ya!

2.       Jangan kaku

Kalo saya nemu blog atau dongeng yang bahasanya kaku bin njlimet, biasanya pribadi di ‘close tab’. Atauga Cuma scroll-scroll liatin gambarnya doang. Nah, bayangkan kalo goresan pena kau digituin. Di scroll-scroll aja.

Meskipun ada juga sih yang tulisannya lezat dibaca tapi orang-orangnya aja yang males baca jadi Cuma di scroll-scroll aja. Orang kayak gininih yang malesin abis. Soalnya sering banget ya, di pos itu ditulis detail meliputi harga, shade, aroma, dll. Eh, tetep aja ada yang komen “harganya berapa, sis?” #sirambensin #lemparkorek

Pokoknya kau bikin goresan pena kau semenarik dan sekreatif mungkin. Yang paling gampang sih dengan nambahin jokes. Tapi kalo kau nggak sanggup ngelucu, nggak usah dipaksain lah. Kalo nggak lucu kan malu-maluin diri sendiri. #kayakgue

Kalo kau nggak sanggup ngejokes, seenggaknya jangan serius-serius amatlah. Kayak mau pernikahan aja serius-serius amat. Nyante ae lah.

3.       Writing style yang asik

Masih nyambung sama poin sebelumnya, writing style itu ngambil tugas yang besar pada goresan pena kamu. Kalo skill kau itu otaknya, style kau itu hatinya. Otak tanpa hati? Robot, dong!

Coba terapin writing style yang seru tapi kau banget. Keluarin sisi unik dari kamu. Aku yakin setiap orang itu unik tapi mereka terlalu takut untuk keluar jalur. Ah, nggak asik banget ya orang-orang.

Coba bayangin kalo kau itu ialah buku. Gimana kau mau menjalani kisah-kisah kau dan menyampaikannya dengan sebuat tulisan. Apakah kau mau jadi goresan pena yang monoton, serius, atau to the point? Apapun itu, coba diasikin.

Sedikit tambahan, inimah berdasarkan saya pribadi, ya. Aku kurang suka gaya nulis yang sok senang gitu wkwk. Kayak che**yb*lle lagi manggung gitu. Terlalu banyak aksara vokal dan terlalu banyak emoticon. Dulu juga saya gaya nulisnya kayak gitu, kok. Tapi kesini-kesini tuh berasa kalo gaya kayak gitu tuh cukup annoying. Jadi perlahan-lahan mulai ditinggalkan.

Misalnya gini:

‘Haloooooooooo :3...... ketemu lagi nich samaa akuuuu hehehehehe \(‘v’)/ .... maaf yaaaaa saya udah usang nggak update blog ini huhuhuhu >,<... maklum lagi banyak pr dan tugaaas hehe :) :*’

Duh, girang banget mbak...

Tapi sanggup ajasih kalo emang si penulisnya lagi girang beneran. Kita kan gatau. Yah, pokoknya mah coba nulis dengan gaya yang asik dan friendly. Apa-adanya, jujur dan jangan lebay. Sekali lagi, itu berdasarkan aku. Kamu boleh banget punya pendapat yang beda.

4.       Paragrafnya gausah panjang-panjang

Nihya, saya kasih kau pola dari blog usang saya yang dosanya banyak banget. Ini ditulis sekitar 4 tahun lalu.




See? Satu pos isinya dua paragraf doang tapi satu paragraf panjangnya kayak jarak antara saya dan kau *halah*

Males nggak bacanya? Males bangeeet.. ih saya mah mending close tab aja hehe. Makanya saran aku, kalo sanggup paragraf tuh dipotong-potong aja. Jadiin singkat, padat, tapi menarik. Percuma kalo menarik tapi panjang banget. Kecuali kalo kau lagi bikin novel dan satu paragrafnya sehalaman. Ah, tapi novel juga nggak selebay itu, kok.

Udah sih segitu aja. Nggak guna banget, yahahaha. Tapi berdasarkan aku, poin-poin diatas penting buat membuktikan eksistensi kau di dunia tulis-menulis. Kalo kau sanggup mendapat feel dalam menulis dan goresan pena kau khas, kau bakal dikenang. Tulisan kau juga susah buat diplagiat alasannya ialah stylenya tuh udah ‘kamu banget’. Kaprikornus sekalinya ada yang niruin, bakal pribadi ketauan.

Oh iya, ini ada petuah dari Adhel yang kece-bong. Kalo kau sanggup dan berhasil menulis dengan bagus, nggak menutup kemungkinan bakal ada yang muji karya kamu. Please, stay humble. Pujian ada bukan untuk dinikmati, tapi untuk evaluasi. Jangan pernah puas. Karena dikala kau puas, kau akan berhenti untuk belajar. Dan itu nggak baik.

credit


Udah ya, segitu aja. Semoga bermanfaat. Kalo enggak bermanfaat mohon dimaafin ya soalnya kalian udah baca panjang-panjang wkwk. Buat Aziz, saya tunggu blognya (kalo mau bikin). Entar saya follow jiz damai ae. Lumayan di follow orang kece-bong macam Adhel B-) #pembacamulaiemosi

Warm Hugs,



Adhelia Fa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Event: Jadi Blogger, Yuk! #Roadblog

Akutuh kalo ikut event, reportnya usang bener kayak keong... Tapi serius. Buat report Road Blog ini, beneran usang banget. Ada alasannya pak buk. Saat gres setengah nulis, kertas saya yang isinya bahan selama Road Blog itu tiba tiba hilang ditelan bumi. Aku udah ubrak abrik ke semua penjuru khayangan, tapi nggak ada:( Akhirnya saya cyma bermodalkan ingatan saya aja yang mana buruk abis, Kaprikornus kalo ada salah-salah, mohon dimaapin ya.. Jadi kemarin saya ikut salah satu program kece yang diadakan Excite Indonesia yaitu Road Blog goes to 10 cities. Untuk kota Bandung lokasinya di Best Western Premier La Grande Hotel. Kalo nggak tau, itu hotel di depan BIP. Lebih sering dibilang Soes Merdeka padahal itu hotel haha. Kasian sekali dirimu, tel... Acaranya sendiri dimulai pagi-pagi jam 8. Aku hingga disana jam 8 kurang sedikit dan sanggup dingklik yang ada mejanya. Tadinya saya duduk di agak belakang, terus saya lihat ada kak Winda di barisan paling depan. Aku t

42+ Most Beautiful Natural Makeup PNG

42+ Most Beautiful Natural Makeup PNG . Beautiful makeup natural tutorial compilation ♥ 2020 ♥ # 489 here are some of the most beautiful eye you can try at home if you enjoyed this eye makeup. Skin care beauty woman with beautiful face natural makeup and. 50 Glowly Natural Makeup Looks To Recreate On Your Own from www.byrdie.com Choose from beautiful, beautiful belle, aerin rose de grasse and more. Skin care beauty woman with beautiful face natural makeup and. We present you a selection of photos illustrating how the makeup changes the natural appearance of popular beauties, in simple words, the pictures of celebrities without makeup. Keressen beautiful girls natural makeup témájú hd stockfotóink és több millió jogdíjmentes fotó, illusztráció és vektorkép között a shutterstock gyűjteményében. Keressen beautiful girls natural makeup témájú hd stockfotóink és több millió jogdíjmentes f

23+ Beautiful Makeup Names Background

23+ Beautiful Makeup Names Background . Get inspired by these suggestions. A good business name gives you a platform to. Nyx Pro Makeup Us On Twitter What S Your Sugartrip Name from pbs.twimg.com 2,390,417 likes · 546 talking about this. Below, 17 makeup brands owned by women of color to support today, tomorrow, and forever. Amazingly irresistible makeup today for you all for fashion design have collected. Check out our beautiful makeup selection for the very best in unique or custom, handmade pieces from our shops. Pay special attention to proper it is worth noting that a quality product should last a long time. Be inspired by the beauty of your child and choose a. 14 thoughts on 67 creative fashion, beauty and makeup blog name ideas for girls. Learn makeup and cosmetics vocabulary words with pictures and examples in english to enhance your vocabulary. Sour